Categories
Intermezzo

Temanmu Tidak Suka Baca? Ini Cara Mengubahnya

Sulit dipercaya, memang. Tapi tidak semua orang suka baca buku. Glek! Ada-ada saja alasan kenapa seseorang kurang suka membaca. Entah karena merasa tidak ada waktu, belum menemukan buku yang jodoh, atau karena tidak terbiasa saja.

Sebagai pencinta buku, bagaimana caranya Anda “meracuni” semangat membaca ke teman-teman Anda yang jarang baca?

Sesuaikan dengan Bidangnya

Sampul buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring

Sebagian orang mungkin enggan membaca karena merasa membaca tidak memberi manfaat untuk pekerjaan atau keseharian mereka. Untuk mengakalinya, Anda bisa menyesuaikan rekomendasi buku Anda dengan keseharian teman Anda.

Kalau teman Anda kesulitan mengatur waktu, Anda mungkin bisa merekomendasikan buku tentang membangun kebiasaan yang baik. Jika teman Anda stres karena kehidupan, mungkin buku tentang filosofi atau self-improvement bisa membantunya.

Atau jika menurut Anda kehidupan percintaan dia mengkhawatirkan, beri dia asupan buku-buku puisi romantis untuk amunisi gombalnya.

Cari Tahu Apa yang Menarik Baginya

Sampul buku Parenting Through Crisis karya Barbara Coloroso

Anda tidak perlu berhenti di urusan kerjaan dan keseharian. Apa ketertarikan dan cita-cita teman Anda?

Buku tentang kewirausahaan dan kepemimpinan akan cocok kalau teman Anda bermimpi jadi wirausahawan. Jika teman Anda ingin cepat-cepat kaya, mungkin Anda bisa merekomendasikan buku budidaya ikan. Jika teman Anda sudah berkeluarga, mungkin buku tentang parenting atau buku anak-anak akan pas baginya.

Ajak Dia Untuk Membaca di Waktu Luang

Sampul buku Atraksi Lumba Lumba karya Pratiwi Juliani

Tidak semua orang bisa meluangkan waktu khusus untuk membaca. Anda bisa mendorong teman Anda untuk membaca di waktu “colongan”.

Misalnya saat menunggu macet dalam perjalanan pulang kantor, saat istirahat makan siang, atau di kereta dalam perjalanan berangkat ke meeting berikutnya. Daripada bengong, memanfaatkan waktu curian itu untuk membaca pasti lebih menyenangkan dan produktif.

Buku kumpulan cerpen yang singkat, padat, dan ngena seperti “Atraksi Lumba-lumba” karya Pratiwi Juliani bisa jadi pilihan tepat untuk waktu-waktu singkat ini.

Sumber foto header: Greatmind YouTube Channel